Tips dan Trik Mudik Aman dan Nyaman Bersama Keluarga

Tips dan Trik Mudik Aman dan Nyaman Bersama Keluarga
Tips dan Trik Mudik Aman dan Nyaman Bersama Keluarga, Mudik atau pulang ke kampung halaman sudah menjadi kegiatan tahunan menjelang hari lebaran. Kegiatan mudik mungkin menjadi salah satu hajatan besar masyarakat Indonesia, karena berlebaran tanpa mudik bagai sayur tanpa garam.

Perjalanan panjang dengan kendaraan pribadi tentu harus dengan persiapan yang cukup terutama kondisi fisik, hal ini untuk menciptakan  rasa aman dan nyaman selama perjalanan.

Walaupun kondisi jalan yang macet namun di sanalah nikmatnya mudik saat berlebaran.Namun tak kalah penting dalam mudik adalah kondisi kendaraan, pastikan kendaraan yang akan dipakai sudah siap untuk melakukan perjalanan jauh.

Berikut tips dan trik mudik bagi Anda yang akan bersilaturahmi ke kampung halaman:

Pertama, persiapkan kendaraan.
Sebelum Anda melakukan perjalanan persiapkan kendaraan Anda, baik itu perbaikan atau perawatan berkala. Jangan lupa persiapkan juga peralatan mobil seperti kunci-kunci, dongkrak, tali derek, kotak P3K dan lain-lain.

Kedua, bawa peta jalur mudik.
Walau terlihat sederhana, tapi ini sangat krusial, lengkapi perjalanan Anda dengan peta perjalanan. Sebaiknya, peta tersebut juga mengandung informasi tentang lokasi SPBU, ATM, tempat istirahat, dan jalur-jalur rawan/alternatif. Akan lebih baik lagi jika Anda melengkapi dengan pemandu GPS (Global Positioning System).

Ketiga,jaga kondisi fisik.
Pastikan bahwa sebelum mudik Anda dan keluarga berada dalam kondisi yang fit terutama bagi driver. Jangan sekali-kali bepergian dalam kondisi kurang fit. Lemahnya daya tahan tubuh atau menurunya vitalitas tubuh akan mengurangi daya konsentrasi apalagi bagi yang akan mengendarai mobilnya sendiri.

Keempat, packing barang/muatan dengan benar.
Urutkan barang/muatan berdasarkan tingkat kebutuhan. Yang memiliki kemungkinan sangat besar dibutuhkan saat dalam perjalanan diletakkan di tempat atau posisi yang paling mudah dikeluarkan, agar tidak perlu bongkar muat tiap kali butuh sesuatu.

Kelima, pasang kaca film.
Cuaca panas sepanjang jalur mudik sangat tidak nyaman. Dengan memakai kaca film Anda akan berkendara lebih nyaman karena kabin kendaraan lebih sejuk. Memakai kaca film dapat mengurangi penggunaan penyejuk udara (AC) untuk mendinginkan mobil. Pengurangan penggunaan AC berarti mengurangi beban mesin kendaraan. Kaca film, dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar mobil Anda sebanyak 3 persen.

Keenam, catatlah nomor telepon penting.
Dengan mengetahui nomor-nomor penting seperti: pos polisi, jasa marga, info jalan tol, jaringan bengkel resmi dan lain-lain, akan sangat membantu jika Anda mengalami masalah di perjalanan.

Setelah semua persiapan dilakukan, jangan lupa selalu berdoa sebelum memulai perjalanan. Selamat mudik, semoga selamat sampai tujuan.

0 Response to "Tips dan Trik Mudik Aman dan Nyaman Bersama Keluarga"

Post a Comment

Selamat Datang Di BOCHOR BLOG