Harga BBM Naik Jika Harga Minyak RI di Juli Naik


Harga BBM Naik Jika Harga Minyak RI di Juli Naik


Harga BBM Naik Jika Harga Minyak RI di Juli Naik, Selama Juli 2012 lalu, rata-rata harga minyak Indonesia (Indonesia Crude Price/ICP) mencapai US$ 102,88 per barel, naik US$ 3,8 per barel dibanding Juni US$ 99,08 per barel.

Dikutip dari situs Ditjen Migas, kenaikan harga minyak mentah Indonesia sejalan dengan perkembangan harga minyak mentah utama di pasar internasional, yang disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu memanasnya kembali hubungan Iran dengan negara-negara barat setelah embargo Uni Eropa atas minyak Iran berlaku efektif mulai 1 Juli 2012 yang ditandai oleh beberapa peristiwa:


Upaya Parlemen Iran untuk memblokir Selat Hormuz dengan menyusun UU agar tanker minyak dengan tujuan negara-negara pendukung embargo tidak dapat melintas serta isu pemberlakuan toll fee atas tanker yang melewati Selat Hormuz.
AS dan Inggris menyatakan tidak akan mentolerir upaya Iran menutup Selat Hormuz. Militer AS menambah jumlah kapal induk di kawasan Timur tengah.
Israel menuduh Iran mendalangi pengeboman di Bulgaria, dikhawatirkan akan memunculkan konflik militer terbuka antara kedua negara.
Faktor lainnya adalah konflik terbuka antara pemerintah berkuasa pihak opisisi di Suriah, turut meningkatkan kekhawatiran pasar atas stabilitas politik di Timur Tengah.

Kemudian, turunnya produksi minyak dari negara-negara OPEC antara 0,07-0,14 juta barel per hari pada Juni 2012 dibandingkan bulan sebelumnya berdasarkan publikasi OPEC, IEA (International Energy Agency), CGES (Centre for Global Energy Studies), akibat penurunan produksi di Iran, Angola, Qatar, dan Libya.

Naiknya harga minyak internasional juga disebabkan turunnya produksi minyak dari negara-negara Non OPEC sebesar 0,40 juta barel per hari di Juni 2012 dibandingkan bulan sebelumnya berdasarkan publikasi IEA akibat penurunan produksi di AS, Meksiko, Inggris, Norwegia, Rusia, China, Malaysia, Indonesia, Argentina, dan Yaman. Produksi minyak Norwegia juga diperkirakan turun hingga 13% akibat pemogokan kerja.

Untuk kawasan Asia Pasifik, peningkatan harga minyak juga dipengaruhi oleh meningkatnya permintaan Jepang akibat tingginya permintaan produk minyak khususnya jenis light dan middle distillates serta belum beroperasinya beberapa pembangkit tenaga nuklir serta peningkatan penggunaan bahan bakar komersial di India, sejalan dengan program peningkatan infrastruktur yang digalakkan pemerintahnya.

Selengkapnya perkembangan harga rata-rata minyak mentah utama di pasar internasional pada juli 2012 dibandingkan Juni 2012, sebagai berikut:


WTI (Nymex) naik sebesar US$ 5,52 per barel dari US$ 82,41 per barel menjadi US$ 87,93 per barel.
Brent (ICE) naik sebesar US$ 6,79 per barel dari US$ 95,93 per barel menjadi US$ 102,72 per barel.
Tapis (Platts) naik sebesar US$ 4,56 per barel dari US$ 100,27 per barel menjadi US$ 104,83 per barel.
Basket OPEC naik sebesar US$ 5,44 per barel dari US$ 93,98 per barel menjadi US$ 99,42 per barel.

2 Responses to "Harga BBM Naik Jika Harga Minyak RI di Juli Naik"

Selamat Datang Di BOCHOR BLOG