Mutasi Genetik, Orang Swedia Kencing 15 Liter/Hari

pipis enak
Buang air kecil biasanya tak lebih dari 1,5 liter/hari, namun beberapa orang di Swedia bisa melakukannya sampai 15 liter/hari. Penyebab gangguan yang sudah ada sejak 100 tahun lalu itu akhirnya terungkap, yakni karena mutasi genetik.

Sejak tahun 1800-an, warga di pedesaan Varmland yang berdekatan dengan Norwegia banyak yang mengalami penyakit aneh.

Dalam sehari, orang-orang ini bisa buang air kecil sampai 15 liter sehingga butuh minum dalam jumlah yang sama untuk menjaga keseimbangan cairan tubuhnya.

Penyakit aneh tersebut baru-baru ini diungkap oleh Dr Johan Jendle, seorang dokter dari Karlstad Hospital.

Jika selama ini tidak diketahui sebabnya, penyakit aneh tersebut kini bisa digolongkan sebagai salah satu jenis gangguan ginjal yang disebut Diabetes Insipidus.

"Penderitanya kadang tidak bisa jauh dari toilet dan sewaktu-waktu harus memiliki akses yang mudah untuk mendapatkan air minum," kata Dr Jendle di sebuah harian lokal Nya Wermlands-Tidningen Dr Jendle berhasil mengungkap penyebab di balik penyakit misterius ini setelah menelusuri riwayat penduduk Varmland, termasuk keturunannya yang kini tersebar di seluruh Swedia. Penyebabnya tak lain adalah mutasi genetik, yang diperkirakan terjadi sejak tahun 1800-an.

Akibatnya sekitar 50 persen keturunan warga desa Varmland menderita penyakit ini karena mewarisi faktor genetik.

Tes darah sederhana bisa dilakukan untuk emngetahui seseorang mewarisi faktor genetik atau tidak, sehingga bisa dilakukan pengobatan sebelum muncul gejala.

Selain dipicu faktor genetik, penyakit ini sebenarnya bisa juga dipicu oleh sebab lain. Kerusakan pada kelenjar pituitari juga bisa memicu buang air berlebihan, demikian juga pertumbuhan tumor maupun adanya trauma atau kekerasan di saluran kencing.

2 Responses to "Mutasi Genetik, Orang Swedia Kencing 15 Liter/Hari"

Selamat Datang Di BOCHOR BLOG